Film I have a dream

(Akira Kurosawa’s dreams)

oleh: N overius Laoli

 Pohon persik yang berbunga lagi

Film ini begitu menyentuh batin yang paling dalam dan  memaksa kita berpikir, merenung lebih dalam lagi. Dalam film yang disutradarai oleh Akira Kurosawa ini  digambarkan seorang anak laki-laki yang masih kecil dan seorang gadis kecil yang nantinya menjadi pohon persik yang indah.

Film ini menggambarkan situasi pada saat itu. manusia gemar menebang pohon dan akhirnya pohon sudah mulai jarang. Dalam film ini, digambarkan ekspresi pohon-pohon tersebut. Mereka diandaikan seperti manusia yang dapat berpikir dan berbicara. Mereka bisa marah dan tidak mau berbunga lagi. Karena ulah manusia yang rakus terhadap harta dengan mengorbankan pohon-pohon untuk dijual dan memperkaya diri.

Film ini merupakan keindahan yang begitu memesona, karena ketika situasi saat itu menjadi gersang dan keindahan bunga pohon persik yang tidak ada lagi tiba-tiba muncul dan bungahnya mengundang kekaguman kita. Ketika pohon-pohon itu mulai berbunga, bunga-bunga pohon persik itu begitu indah. Dan satu hal yang membuat saya tidak habis pikir. Ketika semua pohon persik sudah berbungn, gadis kecil yang tadi seperti misteri sebab ia kadang ada dan hilang. Dan atas dasar itu anak laki-laki  kecil itu menjadi penasaran dan mengikutinya hingga di taman, dimana semua pohon persik sudah ditebangi.

Gadis kecil itu berlari sambil mengeluarkan bunyi yang begitu polos, kekanak-kanakan, tapi jujur dan menyentuh perasaan. Bahkan mengundang rasa belaskasih ingin melihat dan membelai gadis yang memakai itu. bunyi tersebut berlari-lari dan ketika anak lelaki yang kecil itu mendengar dan mengejarnya, gadis kecil itu menjadi pohon persik yang kecil dengan bunga yang indah, serta mengeluarkan aroma bunga yang harum. Keindahannya tak terlukiskan dan terungkapkan. Karena keindahan ini bukan hanya sebatas indera saja, tapi melebihi itu semua.

Film ini mau tidak mau memaksa kita untuk berpikir lagi. Apakah keindahan itu sebenarnya. Apakah hanya sebatas gambar dan lukisan? Film ini telah membuktikan bahwa keindahan itu tidak hanya sebatas apa yang dilihat dan dirasakan, tapi mengandung pemikiran tersendiri yang mengundang kita pada permenungan yang lebih dalam  atas keindahan alam ini. Di satu sisi film ini merupakan suatu protes pada manusia yang kerapkali menghancrurkan keindahan alam. Alam menjadi gersang karena keindahannya dipetik oleh manusia yang rakus dan haus akan kekayaan.

Maka keindahan pada dasarnya memiliki arti yang sangat luas dan tepat bila dikatakan bahwa keindahan itu sama dengan kebenaran. Keindahan itu mengungkapkan kebenaran yang tersembunyi yang kurang disadari oleh manusia. Keindahan pohon persik yang berbunga lagi adalah keindahan hati manusia yang telah lama gersang karena tidak berbunga keindahan.

~ oleh noveonline pada Desember 1, 2007.

Satu Tanggapan to “Film I have a dream”

  1. dfhgfhgfgghjgjh hkhkjhh mnkjhkjhkjh hjgjhg gjhghhgcghfhgdrdrdr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: